RSS

Skyper

13 Jul

“Halo…” Sapa Untung Udji, jaksa di Kejaksaan Agung.
“Halo Mas, ini Ayin Mas” Suara Atalyta Suryani terdengar panik.
“Oh, ada apa dik.?”
“Urip Mas, Saya pakai nomer lain sekarang. Urip Mas, tertangkap <KPK.”
“Hah..?
**********

Seberapa cepat sebuah kejahatan bisa terbongkar?..
kalau pertanyaan itu ditanyakan kepada KPK, yang menangkap penelpon yg ada diawal tulisan ini, jawabannya : “Bisa berbulan-bulan”. Tapi kalau pertanyaan itu ditanyakan kepada Skyper, seorang anggota kelompok peretas komputer Jerman The Hacker’s Choice, jawabannya mungkin bisa singkat, Dalam hitungan detik.

Ya, dalam hitungan detik, lelaki ini memang bisa membongkar sistem keamanan telepon seluler GSM lalu menyadapnya. Berikan nomor ponsel anggota DPR atau Jaksa nakal seperti percakapan diatas, hanya dalam beberapa kedipan, Skyper bisa ikut menguping pembicaraan atau melihat isi pesan singkat anggota DPR atau Jaksa nakal tersebut.

Skyper, adalah lelaki kalem. rambutnya dicukur tipis, nyaris gundul, dia menghiasi wajah tirusnya dengan kacamata tebal, seperti penampilan kebanyakan kutu buku lain nya. Dibalik wajah kalemnya itu, editor majalah Phrack ini telah menggegerkan dunia. Termuannya soal menerobos sistem jaringan GSM yg dia paparkan di Hack in The Box Security Conference, konferensi para peretas komputer di Dubai april lalu membuat dia banyak disorot. “GSM ternyata mudah dibobol”.

Skyper tak perlu alat canggih, juga alat yang harganya ratusan juta hingga miliaran ruipiah. ia tak butuh Verint, alat penyadap buatan inggris yg banyak dipakai para aparat. Dia juga tak perlu G12 buatan israel yang konon dipakai Detasemen Khusus 88 Anti teror untuk memburu teroris Noor Din M Top. ia juga tak memakai alat penyadap buatan jerman seperti yang kabarnya dipakai KPK untuk memata-matai anggota DPR atau Artalyta Suryani, orang yang diduga menyuap jaksa.

yang dibutuhkan Skyper adalah ponsel SE W830i atau N3660 atau samsung SGH 269 Nokia 3310, yang bekasnya saja susah dicari di negeri kita, serta sejumlah peranti lunak. Dengan alat sederhana itu kini orang bisa menguping pembicaraan orang lain.

Ini bisa disebut berkah, walau juga bisa jadi musibah.
Berkah, karena kelak penyadapan terhadap para anggota DPR nakal, Jaksa nakal atau para pejabat nakal tak hanya dilakukan segelintir penyidik KPK, yg kini kelimpungan gara-gara order kasus korupsi membengkak. Siapa tahu, setelah temuan ini, ada serombongan “peretas baik hati” yang ikut mengintai para abdi rakyat yang bengal itu. jadi, KPK tak perlu waktu berbulan-bulan untuk mengungkap sebuah kasus korupsi.

Dalam kasus suap ailh fungsi hutan di Kepualauan Riau misalnya, KPK perlu sedikitnya enam bulan untuk menyadap anggota DPR, Al-Amin nasution, sebelum ditangkap.

Enam bulan mengawasi, duh, betapa repotnya. “itu enam bulan penyadapan yang mendebarkan”, kata salah satu anggota KPK. Bagaimana jantung para penyidik KPK tidak berdetak kencang, saat mereka mencuri dengar ada bumbu cerita soal “Resensi” tentang kualitas wanita-wanita penghibur yang dijadikan bonus bonus bagi Al-Amin. “Wanita yang baju putih itu tak enak.

Dengan merebaknya penyadapan ini, para pelaku kejahatan mestinya ingat peribahasa kita ” Sepandai-pandai tupai meloncat, sekali-kali gagal juga”. Dan sastrawan rusia Leo Tolstoy : “Tuhan tahu, tapi ia menunggu”.
Hanya soal waktu, Tuhan akan mengungkap noda kejahatan seseorang.

Sumber : Beranda koran tempo edisi jum’at 11 juli 2008
ngetik ulang, 99% tulisan asli dari Mr. Burhan Sholihin wartawan TEMPO

 
42 Comments

Posted by on July 13, 2008 in Uncategorized

 

Tags: , , ,

42 responses to “Skyper

  1. masmoemet

    July 14, 2008 at 2:09 am

    wehehehe kl saia mah bisa nyadap pembicaraan tetangga saia hanya dengan telinga saia sendiri huehuehuehue lha wong rumahnya dempet2an alias mepet tembok

    hebat dong..
    malah tambah ngirit.. gk usah beli apa-apa..
    asal siap digodam saja:mrgreen:

     
  2. heryazwan

    July 14, 2008 at 4:04 am

    wah, pantesan tulisannya bagus banget. rupanya dari TEMPO….
    tapi nggak ding…kan masih ada 1% dari si empunya blog. 1% itu sudah lumayan lho….(dijitak sama mas tri)…
    btw, kalau sudah gampang disadap, masih juga melakukan tindak kriminal, keliwatan itu tuh pejabat…

    wakaka..
    untung saya jujur.. kalo ini ngetik ulang dari TEMPO..:mrgreen:
    emang pada keterlaluan kok boss.. gaji dah gede, hidup dah makmur..
    kok ya masih korup…
    semoga saja teknologi ini cepet masuk ke negara kita boss

     
  3. yellashakti

    July 14, 2008 at 4:34 am

    aku dah pulang
    tu oleh2 nya ada di blog

    welcome back BuGuru..
    mudah-mudahan makin fresh buat menghadapi hari2 mendatang
    oleh-olehe ditunggu…
    bukan yg 2 dimensi tapi yg 3 dimensi..😀

     
  4. Jiban

    July 14, 2008 at 8:10 am

    wuih,,,, suruh ngajarin om skyper ah😀

     
  5. achoey sang khilaf

    July 14, 2008 at 10:40 am

    tulisan yang hebat🙂

     
  6. achoey sang khilaf

    July 14, 2008 at 10:41 am

    kemaren daku out bound di Citatah Dalam😀

     
  7. Sawali Tuhusetya

    July 14, 2008 at 12:09 pm

    kalau saja banyak scyper di indonesia bisa jadi ruang dowan di senayan sana akan blingsatan spt hiduo di rumah kaca. mereka tak berkutik dan tak mau sembarangan mau melakukan tipu2 via hp. tapi itulah yang terjadi di negeri kita, mas tri. penanganan m,asalah korupsi jadi begitu rumit dan kompleks karena tak menerapkan pendekatan “pembuktian terbalik”.

     
  8. yu2n

    July 14, 2008 at 12:41 pm

    hmm.. mereka harus lebih hati-hati skr kalo bicara di telpon. ngga ada rahasia lagi kalo jamannya sudah begini🙂

     
  9. anton ashardi

    July 14, 2008 at 2:38 pm

    skyper… jangan2 dia kapten timnas inggris ya?

     
  10. maipura

    July 14, 2008 at 11:25 pm

    sms aja…murah🙂

     
  11. Harjo

    July 15, 2008 at 6:09 am

    Kemarin saya ada penawaran harga dari teknologi yg disebutnya Joya Teknologi, kabarnya dia bisa sadap telp, pembicaraan, sms, keberadaan target, pengguna, dan orang2 sekitar … serem ya …

     
  12. dipo

    July 15, 2008 at 6:22 am

    beneran pak, bangke 3310 yg dipakai??
    *pulang
    *nyari2 dodo, ex-hp yg kecemplung gelas berisi air

     
  13. mashanafi

    July 15, 2008 at 6:42 am

    waduh sek mas tak mbongkar lemari sik… 3310 bekase mbakyu-ku iseh ra yo mas….
    .
    ..

    duh… wis gw dolanan pasaran naya, yo wis raiso ngewangi KPK

     
  14. chic

    July 15, 2008 at 4:04 pm

    mau kenalan ah sama si skyper itu… punya alamat emailnya ndak Mas?:mrgreen:

     
  15. JoEy D`JuVe

    July 16, 2008 at 2:17 am

    Tok Tok Tok

     
  16. JoEy D`JuVe

    July 16, 2008 at 2:31 am

    Ga ada orang… *pulang*

    *nenteng TV*

     
  17. azaxs

    July 16, 2008 at 4:54 am

    Hebat Skyper…

    Bukak kursus di Indonesia ga ya?

     
  18. kaudanaku

    July 16, 2008 at 5:17 am

    waduh…jangan2 GSM ku disadap juga sama KPK. kekekeekekekkkkksss………

     
  19. wier

    July 16, 2008 at 4:17 pm

    kalo nokia 2100 bisa ga ya? mau ikutan nyadap😀

     
  20. toeti

    July 19, 2008 at 2:36 am

    walah.. walah…. sesuk kita sadap2an saja po mas

     
  21. aminhers

    July 19, 2008 at 3:48 pm

    Tuhan tahu, tapi menunggu kita eling !

     
  22. Rosyidi

    July 20, 2008 at 3:27 am

    Wah keren banget. Gimana nih cara nyadapnya?
    Kalo alatnya murah, pengen juga nih punya.😀

    Tapi kalo pemerintah sih gak usah repot2 nyadap. Soalnya di telkom sendiri udah ada rekamannya. Kalo kerja sama dengan telkom gak perlu repot2. Katanya koran jawapos gitu

     
  23. nh18

    July 21, 2008 at 8:58 am

    Tuhan tau …
    Tapi Dia menunggu … hhhmm …. betul sekali

    (kebayang wajah jaim, tapi …. hhmmm )

    Ah sutralah …

     
  24. Menik

    July 21, 2008 at 4:28 pm

    jadi yang nyadap telponku kemaren itu pakde skyper ???👿

     
  25. Baguz

    July 22, 2008 at 4:35 am

    memang bener kata slank
    “banyak bangsat di kotaku”

    *klik http://sikoetoe.co.cc/?p=16
    (ditunggu kedatangannya…….)

     
  26. achoey sang khilaf

    July 22, 2008 at 11:06 am

    up date bos😀

     
  27. kucingkeren

    July 24, 2008 at 9:00 am

    jd pengen kenalan sama om skyper… 🙂 sapa tau bisa bantu menyadap ‘perselingkuhan’ tiga istriku.. (itu kata AMmar jr lho)..

     
  28. L 34 H

    July 25, 2008 at 10:46 pm

    ihhh kalo ngikutin sidang BLBI jadi gregetan sama ayin..
    dah salah masih ngeyel! heueheeu

     
  29. ahsinmuslim

    July 31, 2008 at 4:10 am

    oh, saya baru tahu klo tuk menyadap tukang korup aja butuh waktu 6 bulan. bener-bener mesti ngedatangi sang skyper nich,
    ato klo gak ada dana, datangkan saja mas trijikobs,
    dijaminn…….????

     
  30. hanggadamai

    July 31, 2008 at 4:49 pm

    oo pakde lagi sibuk jadi hacker toh …:mrgreen:

     
  31. sarahtidaksendiri

    August 2, 2008 at 7:47 am

    salut sm skyper..hehe

     
  32. maswill

    August 3, 2008 at 5:16 am

    TESSSSSSSSSSS KAMPRET

     
  33. Tumes_semuT

    August 3, 2008 at 10:05 am

    bentar lagi penjualan merpati pos melonjak, sebab telpon udah gak aman…

     
  34. uwiuw

    August 5, 2008 at 10:45 am

    wah keren banget…kalau bisa sampe segitu kemampuannya dia pasti bakal ‘banyak mata’ yg ngawasi setiap gerak gerik dia, yah

     
  35. Kendi™

    August 7, 2008 at 10:32 am

    KPK kupingnya pada bintitan kali yah ngupingin pembicaraan orang?

    emang kuping bisa bintitan?:mrgreen:

     
  36. achoey sang khilaf

    August 13, 2008 at 3:55 am

    bener2 yg lagi sibuk

    salam semangat persaudaraan🙂

     
  37. Ratna

    August 14, 2008 at 5:09 pm

    Sibuk ya Mas Tri? Beberapa kali kesini…nemu Skyper melulu…:)

     
  38. Donny Reza

    August 20, 2008 at 5:15 pm

    Nyadapnya sih nggak minat, tapi saya tertarik untuk mengetahun mekanisme yang ditawarkan skyper itu …😀

     
  39. erwin

    August 25, 2008 at 5:18 am

    wah enak bisa nyadap telpon….jadi penjahit eh penjahat uang rakyat di negeri ini, komunikasinya lewat merpati post, karena takut di sadap

     
  40. missjutek

    August 26, 2008 at 9:47 am

    waduh… gawat… itu cuman hp GSM aja kan? kalo CDMA ga kan? *langsung ngacir cari esia yg 200rb, biar bisa tetep korupsi* hehehe.. just kidding..

     
  41. musida

    November 14, 2008 at 8:55 am

    daripada susah-susah nyadap telepon dengan biaya tinggi, lebih baik kita suruh menhtbun supaya nyadap karet….kan dapat duit.

     
  42. Beny

    February 17, 2009 at 7:41 am

    mas bisa ajarin gak,
    Cos ak baru dikibulin cew. ak…
    yah biar taw kbusukanny mas..
    ak punya 3310

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: