RSS

Dana untuk orang kecil

12 Jun

Dari Sebuah milis :

1. Kalau beli majalah, jangan beli di dalam supermarket atau toko buku. Tetapi usahakan untuk membelinya dari kios pinggir jalan ataupun di lampu merah. Sehingga uang keuntungan akan masuk ke orang kecil .

2. Kalau beli sayur-sayuran, mungkin bisa beli di tukang sayur yang lewat di rumah daripada beli di supermarket. kalau tidak ada di rumah pada saat tukang sayur lewat, bisa nitip ke tetangga. sehingga uangnya akan masuk ke orang kecil.

3. Ada baiknya secara berkala, misalnya satu bulan sekali, kita panggil tukang nasi goreng/tukang sate yang lewat di depan rumah. Walaupun kita tidak terlalu ingin makan nasi goreng atau sate, tetapi boleh lah sekali-sekali membeli dagangan mereka.

4. Sering kita berjalan-jalan dan mendapati beberapa orang berjualan kue, misalnya kue pancong, kue ape, dsb. Beli. Untuk kita uangnya tidak seberapa, tetapi untuk mereka akan sangat berguna. Tentu saja jangan
keseringan, karena nanti kita juga bosen.

5. Membeli DVD/VCD bajakan, Cara buruk untuk membenarkan pembajakan, tetapi: orang-orang kita sedang terpuruk dan ada agenda yg lebih penting untuk di selesaikan drpd pembajakan😀

6. Potong rambut di barbershop ketimbang di salon. Lumayan bisa menolong mereka.

7. Kalo mau service ke bengkel, mendingan nggak ke dealer tapi ke bengkel umum/biasa. kalau rusaknya gak parah-parah amat.

8. Sebulan sekali gaji yang kita peroleh bisa kita sisihkan ke yatim piatu atau janda janda tua atau orang yang berhak / yang membutuhkan.

9. Bagi yang punya mobil ada baiknya kita sewaktu waktu naik angkutan umum, kayak bis, mikrolet, bajai dan becak, buat nambah penghasilan mereka.

10. Kalo kita sudah berposisi yang punya peranan penting dalam sebuah perusahaan dan disana banyak terdapat orang-orang kecil yang bekerja, maka usahakanlah kebijakan yang dibuat itu untuk kepentingan mereka tanpa mengurangi produktifitas atau tanpa merugikan perusahaan sama sekali, usahakan keberadaan mereka bisa dipertahankan sesuai dengan kemampuannya dalam bekerja. Ingat, bahwa anak atau istri atau keluarga mereka menunggu dirumah dengan penuh harap. coba sekarang kalo
dibalik, gimana kalo kita yang digitukan ?

 
26 Comments

Posted by on June 12, 2008 in Tulisanku

 

Tags: ,

26 responses to “Dana untuk orang kecil

  1. realylife

    June 12, 2008 at 8:16 am

    ayo … bersyukur
    sekalian mampir di blog ini mencari inspirasi dan berbagi
    bloggersumut.wordpress.com
    terima kasih

    Insya Allah..
    OK.. OK.. ini baru pulang dari Bloggersumut.

     
  2. edy

    June 12, 2008 at 8:22 am

    saya ga setuju dengan poin 5
    kaya ga ada cara lain aja😆

    hehe sabar cap.. sabar cap..
    ditempatmu komennya dimana tow..?
    tak cari2 ndak ada tempate we

     
  3. wennyaulia

    June 12, 2008 at 8:38 am

    Membeli DVD/VCD bajakan, Cara buruk untuk membenarkan pembajakan, tetapi: orang-orang kita sedang terpuruk dan ada agenda yg lebih penting untuk di selesaikan drpd pembajakan

    uhm, kalo nyewa aja boleh kan??😆

    Gk Boleh.. Harus Beli…
    ntar kalo udah bosen buat Pakde.😛

     
  4. heryazwan

    June 12, 2008 at 9:15 am

    Mulia sekali pemikiranmu, Mas Tri.
    Jadi terharu.
    Istri saya sering membeli barang dari pedagang kecil meski terkadang dia tidak butuh. Saya mengingatkan dia untuk tidak terlalu memaksa membeli. Tapi setelah membaca postingan Mas Tri, kayaknya kok jadi tersentuh (merem melek).
    Mengenai DVD bajakan sih saya beli bukan karena mas Tri, tapi karena memang nggak rela beli yang asli. Muahallll…

    PakHery kelewat tulisan plg atas ya..😀
    ini dari arsip milis dah lama, kebetulan kok pas sm kondisi sekarang..
    kayak cerita Pak Hery dimana-mana Alfamart, indomart.. jd bnyk yg tersingkir.😦
    Alhamdulillah.
    hah!!! sama yg orignl muahalll …:mrgreen:

     
  5. jeunglala

    June 12, 2008 at 10:24 am

    sama kayak BangHer, saya terharu mbacanya…
    Rp1000 buat kita, jelas beda artinya buat orang lain. Kita anggap 1000 adalah uang kecil, tapi… pas kita ngasih ini ke pengemis, dia bisa yang langsung berdoa panjang lebar, mulai dari rejeki lancar, masuk surga, dan enteng jodoh..🙂
    Hmmm…

    Poin2nya saya setuju.
    Untuk DVD bajakan, saya beli karena ga mampu beli yang original.. *ternyata kita senasib, Bapak Bapak.. *:mrgreen:

    Buat yang ga setuju sama no. 5, boleh pilih alternatif lain. Ada 9 pilihan yang tersisa kan??

    Hidup OmJok………

    Betul…
    yes.. yes..

    *melambaikan tangan*

     
  6. aminhers

    June 12, 2008 at 11:08 am

    Semua point setuju, sudah beberapa point saya laksanakan.
    yang krusial no.5, tapi yaaaaaaa setuju juga sih. 😀

    Seep..
    laksanakan yang belum !!!
    (belagak merintah)

     
  7. norie

    June 12, 2008 at 11:19 am

    that’s a nice mindset, sir.🙂

    thank you.

     
  8. wennyaulia

    June 12, 2008 at 11:33 am

    pakde?
    opa…bukan pakde..😆

    Mas😛

     
  9. FaNZ

    June 12, 2008 at 11:55 am

    Hehehehe
    No 5? G deh
    Mending download aj
    Huehehe

    Boleh.. Boleh…

     
  10. Johan Suryantoro

    June 12, 2008 at 1:40 pm

    Yg nomor 5 sepertinya memang gimana gitu. Tapi setuju aja dah. Itung-itung nolong wong cilik. (padahal sih, alasan utamanya supaya lebih irit biaya).

    hehe, terima kasih mas jo..

     
  11. hafidzi

    June 12, 2008 at 4:04 pm

    jadi tertarik nih dengan Dunia bengkelnya, ngga perlu kedealer klo cuma ringan rusaknya

    hehe.. yup..yup

     
  12. RhyzQ

    June 13, 2008 at 6:23 am

    setuju bang. tdk terkecuali nomor 5.
    soalnya hampir smua softwareku bajakan smua. haha…

    hah!!! bajakan semua..??
    kok podo😀

     
  13. kaudanaku

    June 13, 2008 at 7:52 am

    Setuju pak tri, apalagi yang no. 2,heheehe……sambil nambah kenalan ibu2 sekitar juga tuh.

    Yes..
    Bagaimana Ponakanku..? Semoga sehat2 saja..
    Sosialisasi ya Mbak..

     
  14. bangpay

    June 13, 2008 at 8:27 am

    nomer sembilan ndak bisa… di indonesia timur angkutan umum dan partikelir parah dan merupakan pemborosan… saya kan orang kecil yang berbadan besar…😀

    hahahaha gk apa-apalah sawahnya basah ini hehehe

     
  15. achoey sang khilaf

    June 13, 2008 at 11:30 am

    disamping lebih hemat
    uga bermanfaat buat mereka ya🙂

    Insya Allah.

     
  16. Ratna

    June 13, 2008 at 6:26 pm

    Jangan lupa, sekali-kali pekerjakan ‘orang-orang kecil’ yang ngga punya pekerjaan tetap untuk membersihkan halaman. Cabutin rumput, bersihin selokan… Daripada mereka jadi “Pak Ogah’🙂

    Setuju.. Setuju jadi point ke 11.

     
  17. antown

    June 13, 2008 at 9:02 pm

    Saya berencana membuat ilustrasi yang saya hadiahkan khusus untuk blogger yang rajin main ke blog saya. Syaratnya gampang, nggak harus cantik atau ganteng kok. Syarat pertama, sudut pengambilan gambar bagus. Kedua, mempunyai karakter wajah yang kuat. Ketiga, kualitas ukuran file gambar/foto bagus (tidak buram, gelap, atau kotor).

    siap.. siap..
    manasin satria… brangkat.

     
  18. Jiban

    June 14, 2008 at 1:58 am

    saran yang cukup bagus🙂

    ah mosok.. bisa aja😀

     
  19. Yoyo

    June 14, 2008 at 6:49 am

    masalahnya : malah banyak orang “kecil” yang nggak merasa dirinya “kecil”🙂

    Betul juga masyoyo..😦
    banyak yg gk merasa “kecil”, memaksakan diri untuk “besar”
    Tips ini buat selain yg begini aja dah

     
  20. Menik

    June 14, 2008 at 12:19 pm

    Coba kuliat :
    dari semua nomer diatas…
    keknya diriku kebanyakan jajannya deh😆

    Mudah2an bermanfaat buat mereka🙂

    Ditabung wae Bund, jgn jajan mulu😀
    Amin…

     
  21. gunawanwe

    June 15, 2008 at 11:23 am

    yupp… utk poin 1 s.d 10 —> setuju !

    OK mas gun.. Suwun

     
  22. ahsinmuslim

    June 20, 2008 at 1:50 am

    subhanallah, ternyata masih banyak juga ya yang mau peduli pada rakyat miskin. para pejabat tinggi (yang suka menghambur-hamburkan uang) mesti belajar dari mereka nich.
    salut!!

    weleh.. wong ini hanya coppas kok..
    tp bner juga sih.. Para pejabat harusnya punya Empati thd orang kecil ya.

     
  23. harfianto

    June 20, 2008 at 2:36 am

    poin 5 setuju kali. bukan tidak menghargai hak cipta. tapi sebagai negara dunia ketiga, kita butuh transfer teknologi yang murah..

    Yup.. Betull. BEtull
    thankyou mas anto kunjungannya.

     
  24. adikhresna

    July 3, 2008 at 1:34 pm

    mulai mulia dan mulia mulai. semoga saya tidak hanya mengiyakan, tapi melakukan; IA. untuk beli bajakan, dengan alasan kurang duit; mending tidak beli kayaknya. Salam ta’aruf

    Terima kasih mas Adhi..
    Salam kembali.

     
  25. dipo

    July 12, 2008 at 2:59 am

    waduh pak tri..
    ak sey hampir semua tak lakoni…
    eits, bukan krn kepikiran rakyat kecil,
    emang kantong cekak…makanya naik mikrolet, becak, beli jajanan, beli majalah koran ya di kios or pkl..ya pokoknya rakyat kecil banget de..^_^
    kecuali k barber…bo’ aurat neh
    kecuali k bengkel..ga pny kndraan

    senang pak ya klo politisi qta juga sayang ma rakyat kecil, ga cuma ngaku2 pas janji2 kampanye..pake ucapannya aneh betul..”ya, kami melakukan kunjungan k pasar tradisional untuk mengetahui kondisi permasalahan rakyat kecil etc etc…”

    coba, dia pernah g blnja di pasar itu??

    setuju.. stuju mas dipo.. btw urlnya mana neh..?

    ya kan Pak??

     
  26. fredricbernard

    November 24, 2008 at 9:45 am

    setuju… karena kl kita beli disupermaket yang kaya makin kaya kalo kita beli di pasar tradisonal maka orang yang kekurangan dapat rezeki

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: