RSS

EYLD (Ejaan Yang Lebih Disempurnakan)

09 May

Seminggu ini saya kurang nyampah di Blog sahabat-sahabat dan boss-boss saya, karena sedang mengadakan penelitian tentang Alphabet. walaupun saya bohong kayaknya emang pada gak percaya. Begini penelitian saya :

Abjad yang digunakan di dalam bahasa Indonesia berjumlah 26. Ke-26 abjad tersebut rasanya masih terlalu banyak, dan lagipula ada beberapa abjad yang jarang sekali digunakan. Makanya, mari kita sederhanakan abjad-abjad tersebut dan menyesuaikan dengan kata-kata yang kita gunakan.

Pertama-tama, huruf X, kita ganti dengan gabungan huruf K dan S.
Kebetulan hampir tidak ada kata dalam bahasa Indonesia asli yang menggunakan huruf ini, kebanyakan merupakan kata serapan dari bahasa asing. Misalnya taxi menjadi taksi, maximal menjadi maksimal, dst.

Selanjutnya, huruf Q kita ganti dengan KW.
Serupa dengan X, kata2 yang mengunakan huruf ini juga sangat sedikit sekali.

Berikutnya, huruf Z. Huruf Z kita ganti menjadi C. Tidak ada alasan kuat tentang hal ini.

Huruf Y diganti dengan I. Hal ini dilakukan sebab bunii huruf tersebut mirip dengan I.

Kemudian huruf F dan V keduania diganti menjadi P.
Pada lepel ini masih belum terjadi perubahan iang signipikan.

Hurup W kemudian diganti menjadi hurup U. Berarti sampai saat ini kita
sudah mengeliminasi 7 hurup.

Hurup iang bisa kita eliminasi lagi adalah R, mengingat baniak orang iang kesulitan meniebutkan hurup tersebut. R kita ganti dengan L.

Selanjutnia, gabungan hulup KH diganti menjadi H.

Iang paling belpengaluh adalah hulup S iang diganti menjadi C.

Hulup G juga diganti menjadi K, Dan hulup J juga diganti menjadi C.

Caia laca cudah cukup untuk hulup-hulup konconannia. Cekalank kita kanti hulup pokalnia. Cuma ada lima hulup pokal, A, I , U, E, O. Kita akan eliminaci dua hulup pokal.
Hulup I mencadi dua hulup E iaitu EE.
Cementala hulup U mencadee dua hulup O eeaeetu OO.

Cadee, campe cekalank, keeta belhaceel menkoolangee hooloop-hooloop keeta.Kalaoo keeta tooleeckan lagee, hooloop-hooloop eeang telceeca adalah: A, B, C, D, E, H, K, L, M, N, O, P, T.
Haneea ada 12 belac hooloop!! Looal beeaca bookan?? Padahal cebeloomneea keeta pooneea 26 hooloop.

Eenee adalah penemooan eeang cankat penteenk dan cikneepeekan! ! Co, ceelahkan tooleeckan komental anda denkan menkkoonakan dooa belac hooloop telceboot.

Coombel: dalee meeleec tetankka…

 
56 Comments

Posted by on May 9, 2008 in Ayo Ngguyu

 

Tags:

56 responses to “EYLD (Ejaan Yang Lebih Disempurnakan)

  1. kabarihari

    May 9, 2008 at 6:36 am

    malah mumet mas😀

    minum obat mashari, minum obat😀

     
  2. kabarihari

    May 9, 2008 at 6:37 am

    wah saya pertama ya? tumben ngga keduluan hangga😀

    hangga lagi sibuk nyuci piring buat acara ultahnya..😀

     
  3. kabarihari

    May 9, 2008 at 6:37 am

    hetriklah sekalian.. huehehehe:mrgreen:

    kok kaya elyas pikal hetrik🙄

     
  4. nh18

    May 9, 2008 at 6:49 am

    Mas Jeki … ???
    Waaaahhh kumat lagi nih …

    HUahahaha …

    obatnya habis boss.👿

     
  5. hanggadamai

    May 9, 2008 at 6:57 am

    wew keduluan mas kabarihari….👿

    🙄 untung habis ultah🙄
    kalau nggak👿

     
  6. hanggadamai

    May 9, 2008 at 7:00 am

    Coombel: dalee meeleec tetankka…

    kalimat terakhir udah tak terbaca sama sekali😦

    makaneea baneeak baneeak belacal eea.😀
    makanya banyak banyak belajar ya

     
  7. hanggadamai

    May 9, 2008 at 7:03 am

    setuju sama om NH…
    mas tri lagi kumat😯

    beealeen aca, deebeelank koomat eea beealeen👿
    eetoo menooncookkan kalaoo deeleekoo pernah walac

     
  8. harjo

    May 9, 2008 at 7:05 am

    Ide kreatif mas. Bolehlah, diusulkan ke pusat penelitan dan pengembangan bahasa, supaya di bakukan dan digunakan oleh para Bloggor saja.😀

    saya gak mau dipenjara Pak:mrgreen:
    capek juga mbales komen pake EYLD

     
  9. mashanafi

    May 9, 2008 at 7:14 am

    😆 asli ngakak mas, tp semangkin kebawah semangkin wingung, ya maap kalo gak bs memenuhi permintaannya…😆

    saeea sendeeree cooka ncakak baca eenee mac😀
    teedak apa-apa

     
  10. kaudanaku

    May 9, 2008 at 8:20 am

    waktunya minum obat pak……dah parah kayaknya.
    *btw, kalo jadi diganti spt itu, nama panggilanku jadi uuuaneh. emoh ah….*

    macak ceeh oodah palah caaeeaa🙄
    eea benel cadeeneea KAOODANAKOO😀

     
  11. tehaha

    May 9, 2008 at 8:33 am

    hehehe,…
    susah nih kayaknya mas, lidah saya pasti minta ampun ntar..🙂

    he eh capek nih.. tapi tehaha gak ada perubahan kok biar pake ejaan ini😀

     
  12. cah kene

    May 9, 2008 at 9:59 am

    ueleh, beeacane baca tooleecan sekeetoo cuma maks 2 meneetan, eenee jadee 10 meneet…, kebaniakan meekeel…,
    uakakakakakaka…….

    *sukses gak mas joko???*

    beloom cookcec mac bakoos, maceeh ada salah dee kata maks ama kebaniakan.
    *bener capek😦 *

     
  13. SQ

    May 9, 2008 at 12:00 pm

    waduh…🙂 ujung-ujungnya perlu pijat lidah nih..

    hehe.. bner mas SQ, Tk’s kunj nya

     
  14. anton ashardi

    May 9, 2008 at 1:22 pm

    kleatip ama beekeen emocee :p

    kleatip maceeh salah mac haloocneea KLEATEEP😀
    *matur suwun kunjungane mas anton, monggo ngunjuk teh tinggal bikin sendiri*

     
  15. masmoemet

    May 9, 2008 at 3:07 pm

    *baca komen no 1*
    ada apa mas kabarihari … kok panggil namaku ??? salam kenal yah mas kabarihari

    pls. pls

     
  16. masmoemet

    May 9, 2008 at 3:09 pm

    hehehee malah lom komen postinganya …😆
    wah kesempatan promosi obat moemet’z ahhhh kn postingane bikin lidah keseleo dan kepala moemet’z hahahaha:mrgreen: bcanda loh mas …. piss

    lha emang iya.. beekeen leedah keseleo cama kepala moomet😀

     
  17. kabarihari

    May 9, 2008 at 3:11 pm

    @ masmoemet : lho ternyata sudah ada yang mematenkan yak?:mrgreen:
    salam kenal kembali mas😀

    slm kenal juga ah.. wis kadung ketularan moemets😀

     
  18. RhyzQ

    May 9, 2008 at 3:59 pm

    oelang oedah medelen kok balik lagi ke tempo doeloe.

    beeal mooda lacee bocc

     
  19. babeh

    May 10, 2008 at 1:13 am

    huihuuu, huruf B, A, B, E, H, ga mengalami pelubahan yakh? bagussss ituhhh belalti amam ya tli, solly ya tli blognyah dah di link

    benel beh cak beloobah tetep BABEH
    banyak-banyak terima kasih, link back OK

     
  20. nexlaip

    May 10, 2008 at 2:02 am

    ilmu baru nih🙂

    Revisi.. Guyon baru😀

     
  21. achoey sang khilaf

    May 10, 2008 at 2:43 am

    wah ini kalo ketauan dinas pendidikan kab. bogor
    di satronin nih😆

    mosok ah..😀

     
  22. achoey sang khilaf

    May 10, 2008 at 2:44 am

    kapan kopdar?

    beloom tahoo kang. coba taneeakan ke pleseedenneea Boonda Meneek,
    kalaoo nkak ke mchankka.

     
  23. azaxs

    May 10, 2008 at 6:58 am

    Wah, tak pikir penelitian betulan mas.. hehe emang ni g betulan ya…
    Dana proyeknya tuk ngeblog ya.. hehe:mrgreen:

    lho ini beneran lho bohongnya😀
    gk ah.. duitnya mau tak kasih pak SBY aja biar ndak jd naik BBM😀

     
  24. realylife

    May 10, 2008 at 7:36 am

    sebentar ya , lagi beli kamus dulu

    gk boleh lama-lama.😀

     
  25. azaxs

    May 10, 2008 at 7:54 am

    Wahaha…. Coba para orang kaya se Indonesia punya niat ngumpulin dana tuk nalangin kenaikan bbm…. sampean kudu dicontoh mas…
    dah saya link balik😉

    hehe.. males ah ngomongin orang kaya..😦 banyak yg malah ngrasa miskin seeh, jd nilep ini nilep itu..
    trims link back e

     
  26. edy

    May 10, 2008 at 8:00 am

    hyahahahaha
    mangkin ga keruan😆

    ya begitulah sm ama pamarentah kita mangkin g karuan😀

     
  27. Jenderal

    May 10, 2008 at 8:52 am

    beneran tuh…

    Bener bo’ongnya😀

     
  28. achoey sang khilaf

    May 10, 2008 at 10:42 am

    secara kemaren nyesel abiwz g bisa ketemu bos Tri

    Tk’s Boss Achoey..😀
    tp rasanya malah pada nyesel yg udah ketemu..:mrgreen:

     
  29. Okta Sihotang

    May 10, 2008 at 1:12 pm

    klo ochta di sempurnakan menjadi okta😉

    Betul Bang.. jd simpel ya..

     
  30. chatoer

    May 10, 2008 at 3:44 pm

    WKWKWWKWK,

    dulu sering dapet yg kayak beginian dari milis, dan email2 dari temen2, tp kalo dibaca ulang tetep ngakak

    😆 jadi ketahuan neh..😀

     
  31. wennyaulia

    May 10, 2008 at 4:19 pm

    soal x, kan ada istilah kata serapan…
    jadi inget dosen saya yang suka ngajarin beginian😆

    sayanya belum serapan emang.. jadi laper neh😀

     
  32. Rafki RS

    May 10, 2008 at 5:43 pm

    Untungnya dulu nggak ngambil jurusan bahasa. Jadi pusing mengartikannya.:mrgreen:

    wakakakak, sm Mas Rafki.. pusing juga neh..😀

     
  33. Menik

    May 11, 2008 at 12:13 am

    diliku jadi kacian ama bu’e dilumah…
    mesti dilinya menyesal telah mendampingi dilimu :mrgreen:

    *kabuuuuuuuuullllllllllllllllllllllllllll*
    *weh, kok jadi Tessy?* 😆

    hhrrrgggggrrr👿 kok yo pas

     
  34. Menik

    May 11, 2008 at 12:16 am

    mengenai kopdal… minggoe ini ada kopdal telbatas antala saia dan plesti embil🙂
    *dilinya dilencanakan mau nginap dilumah*😛
    sms saia saja utk lbh jelasnia🙂

    telat bund..:mrgreen:

     
  35. natazya

    May 11, 2008 at 7:42 am

    heuheuheuhe

    tell it to cincah wowra

    yes.. i’ll tell her

     
  36. RhyzQ

    May 12, 2008 at 4:07 am

    dilimeo haloec tanggoeng jawab bang. makin cucah komen, lidah gua encok.

    kak maoo ah.. olank saeea cooka encok😀

     
  37. azaxs

    May 12, 2008 at 9:39 am

    Masih sibuk cari ejaan baru ya mas? hehe

    gk nih sibuk ngumpulin kayu bakar buat gantinya BBM.:mrgreen:

     
  38. heryazwan

    May 12, 2008 at 10:09 am

    Ini memang kreatif, Mas, tapi malah nyusahin.
    Tapi gak papalah. Mas Joko sudah tercatat sebagai penemu 12 abjad. Siapa yang mau menggunakan? Silahkan SMS di sini, Ketik REG Spasi TRI.
    Satu jam mendatang hasil polling akan diumumkan.

     
  39. Pujangga

    May 12, 2008 at 10:32 am

    waduh EYD, jadi inget ma guru mapel Indonesiaku yang genit he…he… he…😆

     
  40. yellashakti

    May 12, 2008 at 10:49 am

    ini mah kerjaanku juga, ngajarin EYD, keluar ujian ga ya?
    deg2an neh

     
  41. iman brotoseno

    May 12, 2008 at 10:51 am

    bisa stress bacanya kalau begitu ya…

     
  42. hanggadamai

    May 12, 2008 at 12:04 pm

    Lah postingan MU juaranya mana nih mas?????

     
  43. arifrahmanlubis

    May 13, 2008 at 6:51 am

    iki opo tho🙂

     
  44. desmeli

    May 13, 2008 at 7:23 am

    walah mas Tri…mas Tri! negara ini sudah susah loh, mbok ya jangan ditambahi susah…mau makan apa rakyat nanti😛

    **tidakkonsentrasi.com**

     
  45. boediarto

    May 14, 2008 at 4:09 am

    ampun dech ams, lihda jadi kepleset pleset. daripada dieliminir mending ditambahin aja kayak punya rusia

     
  46. bangpay

    May 14, 2008 at 4:36 am

    wah… cedak kiyamat….

    —tobat—

     
  47. jeunglala

    May 14, 2008 at 4:59 am

    baru mampir, baru baca satu posting, trus ketawa-ketawa, trus makin tertarik untuk terus berkunjung….😀
    met kenal Om Joko! (soalnya dirimu kan temennya Om NH! hehe)

     
  48. Menik

    May 14, 2008 at 3:03 pm

    mas tri dapet SP lagih gara2 nge blog😆

     
  49. antown

    May 15, 2008 at 12:50 am

    jadi editor bahasa mas?

     
  50. suci

    May 16, 2008 at 11:43 pm

    hehehe..bikin capek bacanya n nulisnya. puceenk!

     
  51. aminhers

    May 17, 2008 at 6:28 am

    halooo kemana aja …..
    hidup ubercup !!!!!!!!!!!!

     
  52. norie

    May 21, 2008 at 6:35 am

    :mrgreen:

     
  53. sarahtidaksendiri

    May 21, 2008 at 3:41 pm

    hehehe….cuca cuga lacana’…

    he eh cucah cadeeneea😀

     
  54. Danie

    May 24, 2008 at 12:46 pm

    ooooooooohhh..
    cucahneeeaaaa

    ps: c = j / s dong???

    teedak cikneepeekan…

     
  55. faridyuniar

    May 24, 2008 at 3:04 pm

    om, tanggung jawab om….lidah saya keseleo….

     
  56. kendi™

    June 2, 2008 at 7:23 am

    mas, ga bisa di eliminasi lagi hurufnya? 12 masih kebanyakan tuh😆

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: