RSS

Hidup Buruh…!!!

03 May

Itulah salah satu yel-yel yang selalu diteriakkan oleh komando aksi buruh kemarin tgl 01 Mei 2008, dalam rangka memperingati MAY DAY. Anggota FSPMI (Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia) dari Jabodetabek, karawang dan Bandung yang berjumlah kira-kira 25.000 orang mengadakan longmarch dari Menara Jamsostek menuju Gedung MPR/DPR. sepanjang perjalanan, tak henti-hentinya Garda Metal, demikian sebutannya menghimbau agar merapatkan barisan untuk menghindari adanya penyusupan yang dapat mencoreng aksi damai buruh.
Didepan gerbang Gedung para wakil rakyat, para buruh ini mendengarkan orasi dari Pimpinan FSPMI beserta Presiden FSPMI Ir. H. Said Iqbal ME, yang mengupas tentang 5 (lima) tuntutan FSPMI yaitu :1. Amandemen UU No.3/1992 ttg Jamsostek
2. Berlakukan Upah Layak Nasional
3. Tolak Outsourcing dan Kerja Kontrak
4. Perkuat Pengawasan Ketenagakerjaan.
5. Turunkan Harga Kebutuhan Pokok.

apa dasarnya..?
1. UU No.3/1992 ttg Jamsostek yg berlaku, tidak berpihak kepada Buruh, karena buruh hanya menerima 68.1% dari total keuangan jamsostek
2. Buruh didaerah manapun di Indonesia. yg bekerja pada sektor sejenis, bekerja dengan metode yang sama, tetapi mendapatkan upah yg berbeda sesuai daerah masing-masing, padahal harga-harga kebutuhan hidup, tidak jauh berbeda dengan Ibukota.
3. Outsourcing dan Kerja kontrak tidak manusiawi, hanya memeras keringat buruh dan merupakan Penjajahan model baru.
4. Banyak sekali perusahaan / pengusaha yg melanggar aturan ketenaga kerjaan, tetapi jarang sekali yang ditindak karena lemahnya pengawasan dan rendahnya moral para Oknum pejabat pengawas ketenaga kerjaan. cukup diberikan amplop, lalu masalah selesai. atau diistilahkan Oknum Pejabat pengawas Kolusi dg Pengusaha
5. Kondisi rakyat akhir-akhir ini semakin tercekik dengan adanya kenaikan bahan pokok, maka tidak ada kata lain, selain pemerintah menurunkan harga-harga tsb.

Teriakan buruh ini mendapat sambutan dari 3 orang wakil rakyat dari KOMISI IX yg membidangi tenaga kerja, 2 orang dari wakil Fraksi F-PKB Bp. Muhamad Sugi… dan Ibu Maria Ulfa Anshor dan 1 orang dari F-PKS Bp. Anshori Siregar. dari fraksi PKB hampir tidak memberikan komentar mengenai tuntutan F-SPMI, malahan sempat kampanye untuk CaPresnya.. yg disambut dg ucapan “HHUUUUUUU” dari para buruh. **Ma’af buat temen2 simpatisan PKB**.
Lain cerita dengan Orasi dari F-PKS Bp. Anshori Siregar, dengan lantangnya dan berapi-api beliau berorasi yg intinya sbb :
1. Sudah menghubungi Para Ketua Dewan untuk Menolak Outsourching dan Kerja Kontrak, karena Outsourching dan Sistem Kontrak hanyalah memeras keringat buruh, menghisab darah pekerja, yg sama saja dg perbudakan, dan orang / pengusaha yg berjiwa perbudakan adalah manusia berjiwa hewan dan binatang, oleh karenanya Outsourching dan Sistem Kontrak harus dihapuskan.
2. Setuju Amandemen UU No.3/1992 yg Pro Buruh.
3. Pemerintah harus berpihak kepada buruh, apabila tidak, Menteri Tenaga Kerja dirubah menjadi Menteri Pengusaha dan menteri Investor, dan Dinas Tenaga kerja yang ada di kabupaten / kota dan Propinsi dirubah menjadi Dinas Pengusaha dan Dinas Investor.
ditengah orasinya tidak habis-habisnya beliau ini meneriakkan Hidup Buruh..!!! Hidup Buruh!!!.

Sikap Anggota dewan ini sangat bagus, terlepas apakah itu kampanye atau apapun.. yang jelas anggota dewan harus mau menerima memperjuangkan aspirasi rakyatnya.. dan Bp. Anshori Siregar sudah menunjukkan hal tersebut, iseng-iseng saya cari digoogle, ini bukan kali pertama F-PKS berada dipihak buruh.
hati-hati Bapak Anshori, Orasi dan Komitmen Bapak, didengar dan direkam oleh 25.000 buruh yg datang. tindak lanjut dari komitment Bapak, kami tunggu.

Setelah selesai orasi di depan gedung MPR/DPR, buruh dari F-SPMI bergerak menuju Gelora Bung Karno, bergabung dengan Buruh dari SPN (Serikat Pekerja Nasional) dan SP-LEM SPSI (Serikat Pekerja Logam Elektronik dan Mesin SPSI). mengadakan MayDay Fiesta.
acara MayDay Fiesta dihadiri oleh Ketua MPR/DPR Bp. Hidayat Nur Wahid. mengenai hal ini sudah banyak dikupas dimedia. untuk yang ketiga kalinya Bp. Anshori Siregar menegaskan pernyataan-nya mengenai tuntutan para Buruh.. acara terakhir, untuk melepas penat tanpa melupakan tujuan perjuangan.. kita tampilkan…. NIDJIII….

Berita terkait : PKS siap menerima amanah perjuangan buruh.
kali ada yg butuh rekaman suara / video orasi Bp. Anshori Siregar (Anggota Komisi IX DPR dr F-PKS) dapat menghubungi saya..

 
36 Comments

Posted by on May 3, 2008 in Uncategorized

 

36 responses to “Hidup Buruh…!!!

  1. W|zNu

    May 3, 2008 at 11:48 am

    Wauh demo gini jadi inget waktu jaman kuliah dolo. Hix hix jadi kangen nee ma temen² seperjuangan dolo

    Hidup Buruh..!!! Hidup Demo… !!! damai tp ya..😀

     
  2. FraterTelo

    May 3, 2008 at 12:54 pm

    semoga kehidupan para pekerja yang semakin baik dan sejahtera adalah bukan mimpi belaka tetapi menjadi suatu kenyataan di negeri ini. sayang saya sudah begitu apatis dengan pemerintahan sekarang, apakah mereka benar2 bertelinga dan berhati nurani! saya rasa “TIDAK’. maaf, kalau saya benar kecewa dengan Anda, pak SBY (“Senengnya Boong Ya!).

    Viva Buruh. Sejahtera Selamanya!

    yup.. SEmoga Buruh sejahtera dan Indonesia Jaya…!!!!
    memang tidak mudah, tp kita tidak boleh menyerah..,
    Demi Generasi penerus, Demi anak cucu… Hidup Buruh!!!

     
  3. aminhers

    May 4, 2008 at 6:28 am

    Kita harus berbuat sesuatu untuk memperjuangkan nasib !
    Minimal Berkata : Hidup Buruh Indonesia… !
    Hidup Mas Tri… !

    Yes.. Hidup Buruh.. mari lakukan sesuatu agar buruh tidak selalu diperbudak..
    hapus perbudakan, hapus outsourching..👿

     
  4. Faradina

    May 5, 2008 at 12:49 am

    Yg paling penting memang harus memperkokoh posisi dalam tawar menawar. Sebab dari dulu selalu ada semacam anomali teori, yg mayoritas justru yg jadi korban manipulasi pihak minoritas (pengusaha). Karena uang selalu jadi dewa. Lanjutkan perjuangan..!!!

    yes… Hidup Buruh.. !!!

     
  5. achoey sang khilaf

    May 5, 2008 at 2:44 am

    wah PKS emng peduli buruh ya

    Hidup Buruh!

    yup.. hidup buruh..!!!, Buruh bersatu tak bisa dikalahkan..!!!
    Buruh..!!! Maju..!!! Pekerja..!!! Sejahtera..!!! Indonesia.. Jaya!!!

     
  6. achoey sang khilaf

    May 5, 2008 at 2:45 am

    Aduh berarti Tri aktifis juga nih
    salut
    Revolusi!😆

    hanya mencoba berbuat hal kecil, yg semoga berguna untuk yg lain..😎

     
  7. nh18

    May 5, 2008 at 2:53 am

    HHHmmm …
    The other side of Mas Joko …
    Terus berjuan Mas …

    Insya Allah.. Pak..

     
  8. norie

    May 5, 2008 at 3:05 am

    Mas… izinkan aku berdoa.
    Ya… Rabb, jadikanlah aku pengusaha, pengacara atau apalah. Tetapi jangan jadikan aku buruh. Sungguh aku akan tak akan sanggup mengarungi kehidupan sebagai seorang buruh. Menghadapi lingkaran hidup yang pas-pasan bahkan selalu kekurangan. Diperas dan dimainkan dalam tangan-tangan berkuasa. Aku juga tak akan mampu berteriak keras-keras berbalut luka kepada kezholiman sistemik itu.
    Jadikanlah aku pengusaha yang memberikan beribu lapangan pekerjaan, dan izinkan aku kelak memperlakukan buruh-buruhku dengan segenap kemanusian dan pemberdaayaan.
    amin.

    Amin… Amin…

     
  9. heryazwan

    May 5, 2008 at 4:22 am

    Teruskan perjuanganmu, Nak. Tapi harus hati-hati.
    Jangan sampai disusupi penumpang gelap.
    Salam metal…

    Siap Pak.. Insya Allah.
    Salam metal juga.

     
  10. Tukang obat Bersahaja

    May 5, 2008 at 6:21 am

    Buruh juga manusia punya mata, mulut dan punya hati.
    Hidup buruh!! terus suarakan aspirasi. Stop eksploitasi buruh.

    yes.. yes.. Hidup Buruh..!!!
    Lawan Perbudakan..!!!

     
  11. erwin

    May 5, 2008 at 6:23 am

    rekam terus pernyataan2 dari wakil rakyat atau pejabat. kalau lain waktu dia ga ngaku tinggal putar ulang saja bukti rekamannya.

    yup.. Betul..

     
  12. syamsu84

    May 5, 2008 at 7:14 am

    ditempat saya kog sunyi-sunyi aja tuh…🙂 …. buruh pada adem ayem

    o ya..❓😆 harus diingatkan neh…
    tanggung jwb yg terdekat😀

     
  13. chic

    May 5, 2008 at 7:39 am

    hoho.. kita lihat pergerakannya PKS kalo begitu…
    btw, saya ini juga termasuk buruh looooh:mrgreen:

    yup.. Deal.
    gk dong… Chic & Mr. Joey termsk jajaran yg tdk boleh menjlnkan outsourching😀

     
  14. Menik

    May 5, 2008 at 8:51 am

    btw, Giring masih cakep ngga Mas ??? :mrgreen:

    ya begitulah Mbak.. Beda-beda tipis lah ama saya..
    hidungnya sm cmn satu, mulutnya sama cuman satu..:mrgreen:

     
  15. mashanafi

    May 5, 2008 at 9:25 am

    wah tempat sy dah dua tahun ini menghapus outsourcing mas, semua TK segera diangkat…. semoga swasta segera mendapatkan tuntutannya…

    btw, komen mas joko terakhir kehapus je… gak tahu tuh tadi di kantor ketika tak approve tiba2 ‘cling’ ilang, apa krn pake dans guardian ya. krn buka trijokobs juga gak bisa..

    Selamat mas.., jgn lagi-lagi pake outsourching.. tidak manusiawi..
    oh ya..🙄 jgn-jgn dikiranya sama spammer ya mas🙄
    saya nyerah dah..

     
  16. wennyaulia

    May 5, 2008 at 9:51 am

    perasaan saya udah komen di sini
    kok ndak ada ya?
    *bingung…

    Tiwas istri sm anak2ku tak marahin, kirain mrk yg mbawa komen mb.wenny,
    ternyata mrk gk bawa juga…🙄
    jgn percaya perasaan..😀

     
  17. realylife

    May 5, 2008 at 12:27 pm

    semoga ke depannya
    nasib para buruh akan lebih baik lagi
    amin

    Amin.. Amin ya Rabbal ‘Alamiin

     
  18. chatoer

    May 5, 2008 at 3:24 pm

    Hidup buruh..
    Hapuskan Outsourcing
    *mantan pegawei outsourcing😛

    Yes.. Hidup buruh..!!!
    hapuskan Outsourching…!!!
    Alhamdulillah.

     
  19. hanggadamai

    May 6, 2008 at 12:13 am

    mas tri ikutan aksi ya??

    Enggak👿
    ya iya laahhh..😀
    kali aja berguna buat yg lain.

     
  20. ika

    May 6, 2008 at 5:49 am

    btw,yang soal kenaikan updah tuh kayaknya susah cuz pabrik aja udah ngos2an memenuhi cost, entar kalo bangkrut malah ndak ada gawean,lah piye? dilema.com

    kenaikan Upah tidak boleh selalu dilihat sbg kenaikan cost😦 , karena harapannya adalah karyawan termotivasi untuk give their best.. akhirnya ditemukan efisiensi-efisiensi. dan Kaizen.
    akan sangat Cost-up apabila karyawan “tertekan” upahnya, shg bekerja dg ogah-ogahan..
    so. kenaikan upah bukan selalu kenaikan cost. *sepertinya😀 *

     
  21. Tafta

    May 6, 2008 at 6:45 am

    Lagi Ngetest !

    lagi-lagi intelnya Boss dateng.🙄
    langsung aja mau minta berapa bungkus buat tutup mulut😀:mrgreen:

     
  22. tehaha

    May 6, 2008 at 7:12 am

    untuk peringatan mayday tahun ini, tuntutan penghapusan sistem kerja kontrak dan outsourcing menjadi tuntutan utama kawan-kawan.
    semoga saja pemerintah bisa lebih bijak mengambil sikap terkait ini, sehingga kawan-kawan buruh dan pengusaha sama-sama diuntungkan..

    maju terus kawan-kawan..!!

    Alhamdulillah, walaupun beda baju dan tempat, tetap satu.. hapus outsourching, hapus perbudakan.
    Amin. Insya Allah.

     
  23. syahrizal pulungan

    May 6, 2008 at 10:09 am

    Harapan kita buruh diperlakukan yang adil terhadap kinerja yang ia lakukan…..semoga nasib para buruh akan lebih baik
    amiin

    Amin.. terima kasih Bang Rizal.. Gmn Kabar

     
  24. theloebizz

    May 7, 2008 at 12:08 am

    sebagai buruh sy mendukuuuuuuung!!!!…..

    yes..
    jangan lupa iurannya ya..:mrgreen:

     
  25. babeh

    May 7, 2008 at 4:09 am

    waddeww sayang, babeh dulu ga jadi, jd buruh, asyik yahhhh, rame2, kompak2 n solid bangets….. siiippp, btw Hidup Buruuuuuhhh!

    Apa Kabar Beh, sy lg Pura Pura Sibuk neh jd jarang sowan😀
    Brarti sekarang Pengusaha dong beh..
    hebat. selamat.. ajak-ajak Beh..
    Terima kasih Beh

     
  26. Harjo

    May 7, 2008 at 8:21 am

    Sip lah, saya dukung mas …

    Terima kasih Pak Harjo..

     
  27. kabarihari

    May 8, 2008 at 4:47 am

    Hidup Buruh.

    *tapi jangan lantas keasyikan demo trus di apdet tho mas? :mrgreen ayo apdet apdet*
    😦 lagi numpuk gaweane boss😦

     
  28. arifrahmanlubis

    May 8, 2008 at 7:00 am

    semoga UMR naik tahun ini..
    mengimbangi naiknya BBM..
    agar buruh dapat tetap tersenyum..
    amin.

    Amin.. semoga malah BBM gk naik, justru Gaji Buruh yg naik😀
    *ngarep banget*

     
  29. Latip

    May 8, 2008 at 9:47 am

    Hidup Buruh……….Saya Juga Buruh Mas

    Hidup Buruh…!!!!
    Terima kasih kunjungane mas Latip

     
  30. yellashakti

    May 8, 2008 at 12:06 pm

    eh namaku disebut2, itu tuh kalimat pertama ada yel-yel, jadi inget ma orang rumah kalo manggil2 aku
    hiduppp yel-yel!!!!
    eh, hidupp buruh!!!

    Hidooooooppppppp buroooohhh !!!😀

     
  31. yellashakti

    May 8, 2008 at 12:10 pm

    hidup PAk Tri!!!!
    Pak Tri hiduppp,,,
    ?????

    ya.. hidoooopppp👿

     
  32. Menik

    May 8, 2008 at 1:47 pm

    beneran nih, giring masih ganteng ???
    kalo dah beda tipis sama mas tri, saya beralih ke Ariel lagi aja deh😦

    sama aja, ariel juga beda tipis..😛
    kecuali kalau tessy, bedane juuaaaauuuhhh bener😀

     
  33. Antok

    October 29, 2008 at 9:15 pm

    Hidup Buruh !
    Ayoo semua temen2 buruh , jangan mau kerja kalau gak dibayar Rp.3juta sebulan !
    Kalo pengusaha gak mau ngerti kita , kita juga gak perlu ngerti mereka ! Minta bayaran Rp.3Juta !
    Kita liat nanti siapa yang mampus duluan !

     
  34. fredricbernard

    November 24, 2008 at 9:49 am

    hidup buruh….kayanya bener kita sebagai buruh sering kali di injak² banyak kali yang tidak sesuai undang² dep tenaga kerja yang ada kaya gwe masuk jam 8 pagi pulang jam 6 Sore mari kita perjuangkan hak kita

     
  35. IPin

    July 22, 2009 at 11:04 am

    Nice blog HIDUP BURUH ….. HIIDUP FSPMI..
    link balik sob

     
  36. IPin MTPDI

    July 22, 2009 at 11:57 am

    Sebenarnya yang brengsek itu ya (pemimpin perusahaan) orang-orang indo nya juga yang takut kehilangan jabatan bila membela Hak-hak buruh. operator ngeblangsak truss gak di mana2. PISAU TAJAM DI BAWAHNYA SAJA

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: